SISTEM PEMBANGKIT ENERGI
Sistem Pembangkit Energi (SPE) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari proses konversi dan pembangkitan energi khususnya energi listrik. Dengan mempelajari konsep dasar termodinamika dan rangkaian listrik sebagai salah satu aspek penting dalam analisis teknik diharapkan menjadi dasar dalam pengembangan bidang kelistrikanan dan energi. Dengan kata lain, Program Studi SPE membekali mahasiswa dengan penguasaan ilmu dan pengetahuan tentang konversi energi secara mendalam.
Program Studi Sistem Pembangkit Energi merupakan pendidikan vokasi pertama yang berkonsentrasi dalam bidang energi kelistrikan dan sumber energi terbarukan (Tahun 2009 dan 2010, PENS – ITS mendapat juara pertama dalam keikutsertaan lomba lomba di bidang efisiensi energi). Prodi ini telah mulai menerima mahasiswa angkatan pertama pada September 2011.
Dengan telah dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 365/E/O/2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Sistem Pembangkit Energi (D-IV) di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, secara resmi SPE menjadi prodi yang telah diakui dan berada dibawah Departemen Mekanika dan Energi.
VISI:
Menjadi pusat ungulan pendidikan teknologi rekayasa di bidang teknologi pembangkit tenaga listrik dalam skala nasional maupun internasional pada tahun 2020.
MISI:
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang teknologi pembangkit tenaga listrik dengan menyediakan lingkungan dan suasana akademik yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang profesional, berpikiran terbuka, kreatif dan berjiwa pemimpin, yang siap bersaing di era global;
- Berperan aktif dalam pengembangan dan peningkatan sistem pendidikan politeknik di Indonesia, khususnya di bidang teknologi pembangkit tenaga listrik;
- Melaksananakan penelitian yang berorientasi penemuan, pengembangan, kombinasi, atau integrasi dari beberapa teknologi yang sudah ada sebelumnya, menjadi teknologi baru yang membawa kemaslahatan masyarakat;
- Membangun dan mengimplementasikan nilai-nilai etika moral akademis dan sosial kemasyarakatan.
KURIKULUM :
Semester 1
Mata Kuliah |
---|
Agama |
Pancasila dan Kewarganegaraan |
Keterampilan Berkomunikasi |
Matematika I |
Rangkaian Listrik I |
Termodinamika I |
Praktik Rangkaian Listrik I |
Praktik Termodinamika I |
Workshop Fisika Dasar |
Workshop Gambar Teknik |
Workshop Material |
Semester 2
Mata Kuliah |
---|
Matematika II |
Konsep Teknologi |
Rangkaian Listrik II |
Statika |
Termodinamika II |
Mekanika Fluida I |
Praktik Rangkaian Listrik II |
Praktik Termodinamika I |
Workshop Kimia Dasar |
Workshop Fluida Statis |
Workshop Proses Produksi |
Semester 3
Mata Kuliah |
---|
Bahasa Inggris I |
Matematika III |
Bahan Bakar |
Elektronika Analog |
Kinematika dan Dinamika |
Mekanika Fluida |
Perpindahan Panas I |
Praktik Elektronika Analog |
Praktik Perpindahan Panas I |
Workshop Pengukuran Teknik |
Workshop Fluida Dinamis |
Workshop Pemrograman 3 |
Semester 4
Mata Kuliah |
---|
Bahasa Inggris II |
Matematika IV |
Kesehatan dan Keselamatan Kerja |
Elektronika Daya |
Elemen Mesin |
Perpindahahn Panas II |
Penukar Kalor I |
Praktik Elektronika Daya |
Praktik Perpindahan Panas II |
Workshop Pengendalian Proses |
Workshop Fluida Terminal |
Semester 5
Mata Kuliah |
---|
Penukar Kalor II |
Mesin Listrik |
Turbin, Pompa dan Kompresor |
Workshop Desain Sistem Kontrol |
Workshop Mikrokontroler |
Workshop Perpipaan dan Instrumentasi |
Workshop Gardu Induk |
Workshop Boiler dan Kondensor |
Workshop Mesin Fluida |
Workshop Desain Sistem Photovoltaic |
Semester 6
Mata Kuliah |
---|
Etika Profesi |
Bahasa Indonesia |
Manajemen Operasional dan Technopreneurship |
Manajemen Perawatan |
Aspek Ligkungan Pembangkit |
Workshop SCADA |
Workshop Genereator |
Workshop Transformator |
Workshop CFD |
Workshop Teknik Pembakaran |
Proposal Proyek Akhir |
Senester 7
Mata Kuliah |
---|
Bahasa Inggris III |
Energi Surya |
Workshop Energi Baru Terbarukan |
Workshop Desain Sistem Pembangkit |
Kerja Praktik |
Proyek Akhir I |
Semester 8
Mata Kuliah |
---|
Bahasa Inggris IV |
Manajemen Kepemimpinan |
Manajemen Energi |
Proyek Akhir II |